Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Yang Tidak Dapat Dimohonkan Kasasi


Kaidah hukum:
Ketetapan Ketua Pengadilan Negeri yang merupakan pelaksanaan terhadap keputusan Mahkamah Agung, tidak termasuk ketetapan-ketetapan Pengadilan termaksud dalam pasal 16 UU Mahkamah Agung Indonesia tahun 1950 yang terhadapnya dapat dimohonkan kasasi.

Yurisprudensi Mahkamah Agung
No. 580 K/Sip/1975
Terbit : 1977-1
Hal. 182-185

Iklan

2 responses to this post.

  1. Apakah Mahkamah Agung dapat membatalkan Putusan pengadilan tinggi yang sudah berkekuatan hukum tetap.pembatalan tersebut di bunyikan di putusan MA-RI dalam perkara yang berbeda.perkara perdata di pengadilan yang sama.

    Balas

    • Mahkamah Agung bisa membatalkan putusan pengadilan di bawahnya apabila ada Peninjauan Kembali oleh pihak yang berperkara dan Peninjauan Kembali tersebut dikabulkan karena beralasan hukum.
      Apabila ada dua perkara, perkara pertama sudah diputus dan berkekuatan hukum tetap.

      Kalau yang terjadi demikian maka perlu dilihat dulu apakah putusan kedua merupakan putusan perkara yang sama (pihak-pihak yang berperkara dan pokok perkara), kalau pihak dan pokok perkara sama maka perkara ini disebut perkara ne bis in idem (pihak yang sama dan pokok perkara yang sama tidak dapat diputus lagi oleh pengadilan yang sama)

      upaya yang dapat dilakukan apabila terjadi demikian adalah mengajukan Peninjauan Kembali dengan alasan “Antara para pihak yang sama mengenai suatu hal yang sama, atas dasar yang sama oleh pengadilan yang sama atau sama tingkatannya telah memberikan putusan yang bertentangan satu dengan yang lain”

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: