Unsur Mengetahui Barang Berasal Dari Kejahatan


Kaidah hukum:
“Apabila terdakwa tidak mengetahui, menduga/menyangka barang-barang tersebut berasal dari kejahatan maka karena itu salah satu unsur dari pasal 480 KUHP tidak dapat dibuktikan. Oleh karenanya terdakwa harus dibebaskan dari dakwaan dan bukan dilepas dari tuntutan hukum”.

Yurisprudensi Mahkamah Agung
No. 1130 K/Pid/1985
Terbit : 1987
Hal. 236

3 responses to this post.

  1. saya punya tanah, yang dipaksa digarap, didirikan pondok, di dozer dan ditanami sawit oleh oknum kades. Apakah dapat ditarik ke wilayah pidana pengrusakan, penadahan dan penyerobotan.

    Balas

    • Bisa apabila sudah ada bukti kepemilikan yang sah berupa sertifikat atau bukti lain yang membuktikan kepemilikan tanah tsb

      Balas

  2. Posted by M.Zaki Ilodi on 11/06/2012 at 02:39

    saya korban Curat, saat saya mengendarai sepeda motor tiba2 pelaku menarik tas saya yang berisikan HP BLACKBERRY,pelaku satu orang yang mengendarai sepeda motor, pelaku utama belum tertangkap dan yang tertangkap 2 orang pelaku yang membeli hp saya tersebut, menurut pelaku DAVID membeli hp tersebut seharga Rp.500,000 dng orang yang tidak d kenal dan pelaku DAVID menjualkan HP tersebut dengan pelaku Andi sebesar Rp.1200000.- Pelaku di kenakan Pasal 480 Kuhp apakah kedua pelaku tersebut bisa di TAHAN.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: