Penetapan Status Anak Angkat


Kaidah hukum:
Prinsip yang terkandung dalam pasal 1920 B.W. yakni bahwa putusan Pengadilan mengenai status seseorang berlaku penuh terhadap setiap orang dianggap juga berlaku dalam hukum Adat, karena prinsip demikian itu pada hakekatnya melekat pada tiap putusan Pengadilan yang berisikan penentuan tentang status seseorang. Oleh karena itu putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan tetap yang menetapkan bahwa tergugat dalam kasasi adalah anak angkat dari alm. B.H.H. Fatimah berlaku pula dalam perkara ini.

Karena mengenai status harta dalam perundang-undangan tidak terhadap suatu prinsip seperti tersebut dalam pasal 1920 BW, maka dengan penafsiran a contrario itu berarti bahwa putusan Pengadilan yang tidak mengenai status orang tidak berlaku bagi setiap orang, melainkan pada azasnya hanya berlaku mempunyai kekuatan pembuktian sempurna terhadap pihak-pihak yang berperkara saja.

Bagi pihak ketiga yang tidak terlibat dalam perkara itu, kekuatan pembuktian dari putusan Pengadilan tersebut tergantung pada penilaian Hakim, yang dapat menilainya sebagai pembuktian sempurna atau pembuktian permulaan.

Yurisprudensi Mahkamah Agung
No. 102 K/Sip/1972
Terbit : 1974
Hal. 205-225

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: