Membuat Surat Gugatan


MEMBUAT SURAT GUGATAN

Membuat surat gugatan tidaklah semudah membaut surat biasa. Surat gugatan dibuat sedemikian rupa sehingga apa yang jadi permohonan dalam gugatan bisa dibuktikan dan dikabulkan serta dapat dilaksanakan putusannya (eksekusi). Surat gugatan yang keliru atau salah mengakibatkan gugatan tidak dapat diterima (niet onvankelijk verklaard) atau ditolak atau dikabulkan tetapi tidak dapat dimintakan eksekusi (pelaksanaa putusan).

Cara-cara membuat surat gugat dan contoh gugatan bisa klik di bawah ini.

TEKNIK PEMBUATAN GUGATAN

CONTOH GUGATAN

16 responses to this post.

  1. Posted by raran on 27/01/2011 at 13:36

    kalo draft surat gugatan batal demi hukum gmn ??

    Balas

    • Tidak ada gugatan yang dinyatakan batal demi hukum, yang ada gugatan bisa dinyatakan diterima/dikabulkan karena dapat membuktikan dalil-dalil gugatannya, bisa dinyatakan ditolak karena tidak dapat membuktikan dalil-dalil gugatan dan bisa gugatan dinyatakan tidak dapat diterima karena adanya keberatan/eksepsi dari pihak lawan dan oleh hakim eksepsi/keberatan tersebut dinyatakan berdasar hukum.

      Balas

      • Posted by Zuli on 04/04/2011 at 20:05

        Lebih tepatnya, gugatan yang diterima itu apakah diterima sebagian atau keseluruhan.

      • Ada beberapa kemungkinan putusan yang dijatuhkan hakim dengan adanya gugatan:
        1. Gugatan diterima seluruhnya;
        2. Gugatan diterima sebagian dan menolak selebihnya;
        3. Gugatan ditolak seluruhnya.

  2. Posted by Gino Hasibuan on 01/04/2011 at 16:43

    Bang,mohon bantuan,
    … bisa dinyatakan ditolak karena tidak dapat membuktikan dalil-dalil…
    maksudnya membuktikan ini apa harus ada bukti/saksi atau bagaimana?
    saya sedang berjuang menuntut pernyataan hutang dari mereka yang menggunakan uang pinjaman bank dengan SK saya, namun saya tidak punya hitam diatas putih penyerahan uang tersebut.
    yang ada hanya pernyataan mereka ke bank dan berkas2 pencairan pinjaman. bagaimana bang?

    Balas

    • Berperkara di pengadilan harus bisa membuktikan dalil-dalilnya, ada beberapa macam alat bukti dalam perkara perdata, bukti surat, bukti saksi, pengakuan, sumpah, dan persangkaan. Minimal pihak yang berperkara mengajukan bukti surat dan 2 orang saksi.

      Dalam kasus ini, pihak bank tidak akan menuntut kepada pihak yang menerima uang, karena tidak ada hubungan hukumnya, pihak bank akan menuntut kepada siapa yang berhutang kepadanya.

      Balas

  3. Posted by Dude on 19/07/2011 at 10:00

    saya minta tolong donk mas,
    kakek ku punya tanah 1 ha dibeli pada tahun 1930, jadi sejak dari pembelian baru ada gugatan sekarang yang katanya didalam tanah tsb ada sbagian amanah dari nenek sipenjual, yg menggugat adalh cucunya. jd smentara surat tanah tsb sudah tdk ada lagi. jd bgmn klo naik ke pengadilan??? balas,,,,,

    Balas

    • Menggugat adalah hak setiap orang yang merasa haknya dilanggar, Nah untuk menggugat harus disertai bukti-bukti yang menguatkan gugatannya kalao tidak ada bukti yang menguatkan gugatannya, gugatan ditolak.

      Balas

  4. Posted by untung surapati on 20/01/2012 at 10:58

    salam,
    mas saya mau minta tolong, saya sudah bekerja sdh selama 18 tahun, akhir2 ini saya dibuat tidak nyaman oleh pimpinan, saya seperti intimidasi, dibiarkan, sementara pekerjaan saya diberikan kepada karyawan baru pada saat saya pergi haji, yg sanagt menyakitkan gai karyawan baru tsb lebih besar dari yg sdh 18 tahun bekerja, yg ingin saya tanyankan : dapatkah saya sebagai karyawan mengguga lewat pengadilan utk meminta hak jamsostek saya, mengingat perusahaan sudah menunggak jamsostek sejak tahun 1995 ( baru 3 x bayar jamsostek), atau ada pertimbangan lain tentang kasus saya, keliatannya perusahaan tidak berani utk memberhentikan saya, terimakasih saya tunggu jawabannya

    Balas

  5. Posted by Ali imran Tjg SH on 26/02/2012 at 22:34

    kalau menurut saya hak anda masalah jamsostek pasti dapat setelah anda dari perusahaan tersebut, tp klu pasangon anda lihat dulu seperti cara anda keluar dari perusahaan tersebut, jika anda di berhentikan anda dapat uang pasangon 2 x pmtk, dan jika anda mengundurkan diri pasangon anda dapatt1 x pmtk + uang jasa selama anda bekerja diperusahaan tersebut, klu anda mauu lebih jelas tolong dibaca UU ketenaga kerja. terima kasih mudah2an bermamfaat.

    Balas

  6. Posted by Muhamad Fathooni on 12/12/2012 at 15:31

    salam
    saya orang awam hukum, karena keterbatasan dana saya mencoba melakukan gugatan ke PTUN sendiri tanpa pengacara, dan lawan saya adalah kepala desa
    dan gugatan saya diproses sampai selesai dan saya dikalahkan dengan alasan gugatan saya telah kedaluwarsa karena melebihi 90 hari. memang benar gugatan telah melebihi 90 hari ,tapi saya benar-benar tidak tahu kapan SK itu dibuat dan kapan SK itu diumumkan, memang saya tahu setelah melewati 90 hari dan saya konsultasikan kepanitra perkara , bahwa hal tersebut bisa diajukan gugatan asalkan benar-benar tidak tahu sebelumnya, Perlu diketahui yang saya gugat adalah SK pengangkatan PANITIA PENJARINGAN PERANGKAT DESA yang keanggotaannya melanggar peraturan dan saya adalah calon perangkat desa . mohon penjelasan hal tersebut

    Balas

    • Gugatan TUN harus diajukan tidak boleh melebihi 90 hari setelah diketahuinya putusan. Pada saat persidangan apakah dapat membuktikan bahwa gugatan diajukan belum melampuai 90 hari atau tidak, kalau tidak bisa membuktikan maka gugatan dinyatakan tidak dapat diterima dengan alasan karena gugatan kadaluwarsa.

      Balas

  7. Posted by Ramdana on 05/01/2013 at 13:44

    Mas, mau bertanya, bila apa yang dimohon oleh penggugat dalam suatu gugatan perdata sebenarnya sudah dipenuhi oleh tergugat, apakah gugatan itu tidak dapat diterima ? Dan apa dasar hukumnya? Terima kasih

    Balas

  8. klo gugatan untuk penipuan dikarenakan berbohong apa bsa dituntut…

    Balas

    • Berbohong tidak bisa dituntut untuk bisa dituntut harus sudah ada perbuatan penipuan sebagaimana diatur dalam pasal 378 yang berbunyi:
      Barang siapa dengan maksud hendak menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hak, baik dengan memakai nama palsu, baik dengan akal dan tipu muslihat maupun dengan karangan-karangan perkataan bohong, membujuk orang supaya memberikan suatu barang, membuat utang atau menghapuskan piutang, dihukum karena penipuan, dengan hukuman penjara selama-lamanya empat tahun.

      Sekali bohong saja tidak bisa dituntut harus ada rangkaian kebohongan yang dilakukan.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 181 pengikut lainnya.

